Ini Dia 4 Tanaman Obat yang Dimanfaatkan Buahnya

Obat-obatan herbal kerap dijadikan alternatif dalam ikhtiar hidup sehat. Tak hanya daunnya, ternyata ada tanaman obat yang dimanfaatkan buahnya. Buah tersebut bahkan memiliki kadar nutrisi yang tak kalah menariknya.

Biasanya buah yang kita kenal cenderung manis atau asam sehingga bisa dimakan langsung. Untuk buah tanaman obat ini, mayoritas harus diolah karena rasanya cenderung pahit. Beberapa referensi tanaman obat yang dimanfaatkan buahnya bisa dilihat di bawah ini.

Berbagai Contoh Tanaman Obat yang Dimanfaatkan Buahnya

Buah dari tanaman obat ini biasanya diolah terlebih dahulu. Berbeda dengan jenis buah biasa yang bisa langsung dikonsumsi. Pengolahannya berguna untuk mendapatkan ekstrak nutrisi yang ada di buah tersebut. Adapun beberapa buahnya bisa dilihat referensinya berikut.

  1. Mengkudu

Tanaman obat yang dimanfaatkan buahnya ini berasal dari keluarga tanaman kopi. Mengkudu diambil buahnya karena kaya akan serat, gula, dan protein. Selain itu, ada kadar asam amino yang sangat bermanfaat bagi kesehatan hormon.

Mengkudu kerap dijadikan obat herbal untuk beberapa manfaat. Salah satunya bisa membantu meredakan peradangan. Selain itu, buah berwarna hijau kekuningan ini juga baik untuk membantu meningkatkan kekebalan sel tubuh.

  1. Cabe Jawa

Cabe Jawa merupakan tanaman rempah yang masih satu famili dengan jenis lada. Kandungan di dalam tanaman rempah ini cukup kompleks. Anda bisa mendapati minyak atsiri, sesamin, bencene, piperine, dan masih banyak lagi jenis mineral sehat lain.

Banyaknya nutrisi dalam cabe jawa, tentu menghasilkan segenap manfaat. Salah satunya sebagai pereda demam. Cabe jawa juga memiliki vitamin B tinggi yang baik untuk meredakan pembesaran betis. Bagi penderita anemia, tanaman herbal ini juga baik dikonsumsi berkat kadar zat besinya.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang tidak bisa langsung dikonsumsi layaknya jeruk manis. Biasanya buah berwarna hijau ini dijadikan sebagai campuran bahan masakan maupun untuk obat. Kandungan vitamin C merupakan nutrisi dominan yang dimiliki oleh buah dengan rasa asam ini.

Tak heran jika banyak yang menggunakannya untuk mempercepat penyembuhan luka, radang, dan infeksi. Tak hanya itu, jeruk nipis sangat cocok untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh, membantu mencegah kanker, dan meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Belimbing Wuluh

Meskipun ukurannya mungil, belimbing wuluh bukan tanpa khasiat. Tanaman asli Asia Tenggara ini memiliki segudang nutrisi. Diantaranya; vitamin A, magnesium, vitamin E, karbohidrat, kalium, zinc, folat, hingga vitamin C.

Tentunya dari berbagai nutrisi tersebut, terkandung banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari membantu proses penyembuhan luka, membantu memelihara kesehatan jantung, hingga membantu mengontrol kadar glukosa.

Tips Menggunakan Tanaman Obat

Setelah tahu apa saja buah dari tanaman obat beserta manfaatnya, tentu Anda penasaran bagaimana cara menggunakannya. Agar tidak salah khasiat, penggunaan buah dari tanaman obat ini harus diperhatikan. Berikut sejumlah tips yang bisa Anda coba aplikasikan.

  • Pastikan kebenaran khasiatnya. Bukan cuma modal ‘katanya’ karena masalah obat harus ada dasar ilmiahnya
  • Perhatikan waktu panen agar khasiatnya tidak berubah
  • Pastikan cara pengolahannya benar. Misalnya dengan direbus, dibakar, atau hanya disiram air panas
  • Pastikan tidak alergi terhadap kadar dalam tanaman obat

Demikianlah sejumlah referensi tanaman obat yang dimanfaatkan buahnya. Ternyata tak hanya daunnya, buah dari beberapa tanaman obat tersebut juga tak kalah berkhasiat. Untuk lebih mengenali berbagai info seputar tanaman obat, Anda bisa coba berkunjung ke web prasstyle news.

 

Related Posts

Mengenal 4 Cara Mencerahkan Leher Kusam Paling Cepat Dan Mudah!

Leher yang gelap atau kusam tentu mempengaruhi penampilan. Namun sayangnya, bagian ini tidak mudah untuk dibersihkan dan kulitnya juga sensitif sehingga terasa sakit jika digosok terlalu kuat….