5 Cara Mengatasi WhatsApp Lemot dengan Mudah dan Cepat

Sebagai aplikasi chatting yang paling laris di Indonesia, masyarakat sudah terbiasa menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi online yang utama. Sehingga kondisi WhatsApp yang lemot tentu akan membuat kesal siapapun. Oleh karena itu, anda bisa mencoba cara mengatasi WhatsApp lemot dengan mudah dan cepat seperti berikut.

Mengatasi WhatsApp yang Lemot

  1. Hapus Percakapan Lama

Ada banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab WhatsApp anda menjadi lemot secara tiba tiba. Mulai dari sisi aplikasi, sistem operasi, sampai dari sisi hardware. Dan salah satu masalah yang paling sering membuat WA menjadi lambat adalah karena pesan yang terlalu banyak.

Ketika anda telah menggunakan layanan WhatsApp dalam waktu lama, pastinya akan ada banyak percakapan yang meninggalkan jejak berupa data. Apabila semua percakapan terus dibiarkan dan menumpuk, tentu data yang tersimpan ini pun semakin besar. Jadi sebagai solusi anda bisa menghapus dan mengurangi jumlah percakapan agar WA menjadi lebih cepat ketika aplikasi dijalankan.

  1. Hapus Media yang Tidak Diperlukan

Selain menyimpan data percakapan, WhatsApp juga akan menyimpan banyak media lainnya apabila anda sering mengirim dan menerima file berupa gambar, video, sampai audio. Bahkan media media inilah yang berkontribusi besar menambah ukuran file WhatsApp dan memenuhi memori internal smartphone.

Supaya loading WhatsApp bisa lebih cepat, maka anda dapat menghapus sejumlah media yang tidak diperlukan tersebut. Caranya yaitu melalui File Explorer yang ada di perangkat, kemudian pilih Internal Storage. Selanjutnya anda bisa cari folder WhatsApp lalu buka file Media, dan silahkan hapus file media yang sekiranya tidak dibutuhkan.

  1. Update Versi WhatsApp

Sama halnya dengan aplikasi lain, WhatsApp pun perlu update ke versi terbaru untuk menjaga aplikasi tetap bisa berjalan optimal. Sehingga cara mengatasi WhatsApp lemot salah satunya yaitu dengan upgrade aplikasi. Biasanya akan muncul pemberitahuan untuk pengguna apabila WhatsApp yang digunakan harus diubah ke versi baru.

Apabila anda mendapat pemberitahuan seperti itu, maka sebaiknya segera lakukan upgrade. Karena versi baru tentunya dihadirkan dengan berbagai perbaikan serta fitur anyar yang akan membuat aplikasi berjalan lebih baik. Jika anda bersikeras menggunakan versi lama yang telah usang, maka jangan mengeluh ketika mendapati aplikasi berjalan lambat.

  1. Hentikan Auto Download WhatsApp

Media seperti foto, video, dan gif umumnya secara default akan tersimpan otomatis ke galeri anda apabila ada yang mengirim pesan. Daripada repot menghapusnya satu per satu, anda bisa menghentikan fitur auto download di WhatsApp untuk mencegah performanya menurun lantaran tidak ada ruang tersisa pada perangkat.

Pada perangkat Android, menghentikan auto download bisa dilakukan melalui ikon titik tiga di bagian kanan atas layar saat aplikasi WhatsApp dijalankan. Berikutnya pilih Settings dan pilih Data and Storage Usage. Kemudian cari opsi Saat Menggunakan Data Seluler, hilangkan tanda centang pada foto, video, audio, serta dokumen. Ini akan membuat media yang dikirim tidak langsung terunduh dan tersimpan.

  1. Jangan Pakai Foto Sebagai Background Percakapan

Banyak orang yang menggunakan foto sebagai latar belakang percakapan. Meski maksudnya adalah personalisasi, namun penggunaan foto ini bisa menurunkan performa aplikasi setiap anda membuka percakapan. Jadi apabila WhatsApp sudah terasa berat, sebaiknya gunakan mode solid color saja yang jauh lebih ringan.

Itu dia beberapa cara mengatasi aplikasi WhatsApp yang lemot. Anda bisa mencoba semuanya untuk membuat WA kembali berjalan optimal. Sehingga komunikasi melalui aplikasi chatting ini pun tidak akan terganggu lagi. Jika menemukan masalah lain saat menggunakan WhatsApp, anda bisa menemukan berbagai solusinya di stophoax.id.

Related Posts

Bingung Pilih Ekspedisi Pengiriman ke Sumatera Selatan? Kargo-in Aja!

  Jika dulu orang kerepotan untuk membawa banyak barang saat akan pergi ke tempat yang jauh, kini hal tersebut tak lagi menjadi kendala. Anda tak perlu membawa…

Cara Mengganti Bahasa di Laptop untuk Windows 10

Ketika membeli sebuah laptop baru tentu saja ada pengaturan yang perlu anda perbaiki salah satunya adalah pengaturan bahasa pada laptop. Apabila anda baru saja menggunakan laptop anda…

7 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Terbaik dan Gratis

Aplikasi presentasi dibutuhkan oleh pelajar, pebisnis maupun karyawan untuk mempresentasikan pekerjaannya. Selain Microsoft Power Point, masih banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk presentasi, apa saja? Aplikasi…

Cara Mengatasi Whatsapp Yang Tidak Bisa Dibuka

Artikel berikut akan memandu Kamu untuk mengetahui cara mengatasi whatsapp yang tidak bisa dibuka. Jadi kamu bisa mencoba untuk menerapkan salah satu metode untuk mengatasi wa yang…

Tutorial Cara Membuka File Excel yang Terkunci Terproteksi

Ada banyak software yang ada pada computer, pc atau laptop. Salah satu software yang cukup banyak digunakan adalah software Ms Excel. Ms Excel atau Microsoft Excel sendiri…

Mudah, Berikut Cara Download Citra di SAS Planet dengan Resolusi Tinggi!

Citra satelit mempunyai banyak sekali manfaat, dimana data tersebut bisa digunakan di berbagai bidang sebagai sumber informasi permukaan bumi. Jika membutuhkannya, anda bisa memperoleh citra beresolusi tinggi…